Search This Blog

Wednesday, September 8, 2010

Asyiknya Belajar Fotografi


Peristiwa dan objek penting dalam hidup, saying jika dilewatkan begitu saja. Jepretan kamera seorang fotografer bisa menjadi saksi bisu yang bernilai seni.

Apakah Anda tertarik memperdalam fotografi untuk menghasilkan karya yang indah? Siapa tahu hobi fotografimu bisa berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan.

Sejarah Fotografi
Beberapa ratus tahun yang lalu, Leonardo Da Vinci, pelukis terkenal dari Italia, menciptakan lukisannya dalam sebuah kamar yang disebut “Kamar Obscura”. Lukisan inilah yang menjadi cikal bakal terciptanya kamera. Setelah itu, muncullah penemuan kamera lubang jarum yang dapat dibawa membuat seni fotografi berkembang. Akhirnya, kini dikenal kamera digital, tidak hanya istimewa di teknologinya, tetapi juga dengan desain yang stylish.

Belajar Fotografi
Fotografi adalah teknik melukis dengan cahaya. Mempelajari teori dasar fotografi bisa dilakukan dalam semalam. Satu hal yang wajib dilakukan adalah mempraktekkan teknik fotografi yang telah didapat. Jangan pernah malas untuk mengasah kemampuan. Practice makes perfect. Sebelum mengambil gambar sebuah objek, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Pertama, kita harus dapat dengan cepat mengenali karakteristik objek, apakah diam atau bergerak. Teknik yang digunakan untuk kedua objek ini berbeda.
Untuk memfoto objek bergerak, dituntut skill yang tinggi. Contohnya, untuk objek bergerak cepat seperti balapan motor, posisi yang tepat untuk memfoto adalah di tikungan karena pembalap akan mengurangi laju kendaraannya saat berbelok. Kecepatan objek yang akan difoto melambat, sedangkan bila dilihat dari estetika, posisi belokan lebih banyak action yang menarik. Saat memfoto objek diam, dituntut kemampuan lebih untuk mengeset pencahayaan dan komposisi. Tujuannya agar foto yang dihasilkan eyecatching dan bermakna.

No comments:

Post a Comment